Sabtu, 28 Juli 2012

Piston Biasa Vs Forged Piston

Piston Biasa Vs Forged Piston

Piston biasa disebut juga cast piston yang diproduksi dari aluminium cair dimasukkan ke dalam cetakan (cast). Sedangkan piston forging dari aluminium padat yang dibentuk dengan cara dipukul seperti bikin pedang. Berikut penjelasannya...

CAST PISTON (PISTON BIASA)

Cast piston atau piston biasa sudah lama digunakan. Bahan bakunya dari aluminium yang dicairkan kemudian dituang ke dalam cetakan. Bahan cetakan biasanya dari pasir khusus, kemudian aluminium cair dituangkan secara gravity atau mengandalkan gaya gravitasi bumi.

Hasil cetakan bentuknya masih seperti kue apem yang kudu dilakukan proses pemesinan menggunakan mesin bubut atau CNC.  Agar hasilnya jadi piston sesungguhnya.

Itu yang membuat piston biasa (cast piston) kurang kuat. Karena sistem tuang hanya mengandalkan gravity. Hanya Mengandalkan aliran dari aluminium cair akibat tertarik gaya gravitasi bumi. Makanya piston biasa dibikin tebal-tebal supaya tidak pecah. Efeknya bikin berat putaran mesin dan boros bahan bakar


FORGING PISTON

Piston forging digunakan di motor-motor baru. Bahan bakunya dari pipa aluminium padat yang dipotong-potong.

Kemudian potongan pipa padat dipanaskan tapi tidak sampai mencair. Lalu dibentuk dengan cara ditempa atau dipukul seperti halnya orang bikin pedang.

Akibat dibikin dengan cara dipukul, membuat piston forging lebih kuat karena lebih padat. Bagian-bagian dari piston juga cukup dibuat tipis karena sudah kuat. Kelebihannya piston jadi enteng alias ringan. Juga permukaan yang bergesekan dengan boring jadi sedikit.

Kelebihan itu yang membuat piston forging dipakai di motor-motor modern. Bikin putaran mesin enteng dan hemat bahan bakar. Pastinya lagi jadi lebih tahan gesekan.

Seperti piston Yamaha Jupiter MX135, V-Ixion dan Xeon. Pihak Yamaha berani kasih garansi 5 tahun. Boring dan seher dijamin tidak bakal oblak. Teknologi ini sebelumnya dipakai di moge-moge Yamaha macam di R1 dan R6.

Karena kelebihan itu, pihak Kawahara berani meluncurkan piston forging untuk racing. Karena menguntungkan, putaran mesin jadi enteng dan bertenaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar