Selasa, 07 Agustus 2012

Warna-Warni Kabel Motormu

·         Beberapa hari yang lalu aku menampilkan kabel body motor YAMAHA,
sekarang aku ingin menampilkan kabel body punya motor HONDA.
warna-warna ini aku ambil langsung dari buku panduan. Tapi tidak semuanya,  jadi yang kurang tanya sama mbah google


HITAM  (+) KONTAK

COKLAT (+) LAMPU SENJA

KUNING (+) ARUS BEBAN KESAKLAR LAMPU

ORANGE (+) RETING KIRI

BIRU MUDA (+) RETING KANAN

BIRU (+) LAMPU JAUH

HIJAU (-) BODY

HIJAU MUDA (+) KLAKSON

MERAH (+) ACCU

MERAH MUDA (+) LAMPU TOP

ABU-ABU (+) RELAY RETING

PUTIH (+) LAMPU DEKAT(+) PENGISIAN

HITAM PUTIH (+) KUNCI KONTAK

HITAM KUNING (+) KOIL

HITAM MERAH (+) SPUL PENGAPIAN

ABU-ABU PUTIH (+) TOMBOL LAMPU

KUNING PUTIH (+) MINYAK

BIRU PUTIH (+) MINYAK

BIRU KUNING (+) PULSER

KUNING MERAH (+) TOMBOL STARTER

HIJAU KUNING (+) LAMPU REM

HIJAU HITAM (+) KIPROK,TOMBOL LAMPU (REG)

HIJAU PUTIH (-) CDI

HIJAU MUDA MERAH (+) NETRAL

PUTIH KUNING (+) KIPROK

MERAH PUTIH (+) RELAY MOTOR STARTER, MOTOR STARTER

MERAH HITAM (+) ENGINE STOP





Mungkin di antara kalian tidak tau busi type apa yang  terpasang pada motor saat ini.  mungkin juga kalian cuma tau typenya ada 2 macam yaitu busi panas atau busi dingin, tetapi kalau di tanya apa yang menandakan busi type panas, mungkin diantara kalian ada yang bingung dan asal terka aja, misalkan kalian beli busi baru trus gak bawa contoh, kamu di kasih busi sama penjual yang ulirnya panjang, padahal motor kamu pakai ulir pendek. Yang parah lagi kalian di kasih busi buat mobil atau busi buat speed bisa-bisa motor pingin berenang terus. mungkin juga busi mesin pemotong rumput, motornya pingin ke tempat rumput mulu......  hehehehe..........  ada baiknya kalian tau type busi motor yang akan di gunakan, paling gak ulir busi yang akan digunakan. nah gak usah banyak mikir silahkan liat sendiri atau rame-rame...........

NGK

 C : diameter ulir
       B - 14 mm
       C - 10 mm
       D - 12 mm
 P : type rancangan busi hanya pabrik yang tau

 R : busi dengan resistor, untuk mesin teknology digital,
      menghindari terjadinya frekuensi yang bisa mengganggu pembacaan sensor digital

 8 : tingkat panas busi
      Semakin kecil angka 4, 3, 2  = busi panas  .
      Semakin besar angka 7, 8, 9 = busi dingin

 E : panjang ulir busi
      H : 12,7 mm
      E : 19 mm
      L : 11, 2mm

 S : type elektroda standar
     IX - bahan iridium,
     G - busi racing (spesial performance)
     P - bahan platinum,
     S - bahan tembaga standar
     K - 2 elktroda
     T - 3 elektroda
     Q - 4 elektroda
             
 9 : celah elektroda
     9 = 0,9mm
    10 = 1mm
·        
    
Denso

 U  : diameter ulir busi
       U - 10mm
       X - 12mm 
       W - 14mm

 22 : tingkat panas busi
        Semakin kecil angka 4, 3, 2, = busi panas 20, 19, 18 .
        Semakin besar angka 24, 26 = busi dingin

 F  : panjang ulir
       E : 19 mm
       F : 12,7 mm
       L : 11,2 mm

 S  : type rancangan busi

 -U  : bentuk elektroda yang ada disanping

 9  : celah elektroda
       9 = 0,9 mm 
       10 = 1 mm 

    
WARNA KABEL MOTOR KAWASAKI
Sekarang sudah dapat warna untuk motor KAWASAKI tapi hanya sebagian aj soalnya susah amat nyarinya, nyari di mbah google lama soalnya pake sistem dial up. Cari- cari  eh malah dapat dapat wiringnya. silahkan simak.

HITAM KUNING (-) MASA

PUTIH MERAH (+) ACCU

MERAH HITAM (+) LAMPU JAUH

MERAH KUNING (+) LAMPU DEKAT

ABU ABU (+) RETING KANAN

HIJAU (+) RETING KIRI

BIRU (+) LAMPU REM

MERAH (+) LAMPU BELAKANG

COKLAT (+) KLAKSON
WARNA KABEL MOTOR SUZUKI

HITAM PUTIH (-) MASA

MERAH PUTIH (+) PENGISIAN

PUTIH BIRU (+) KOIL

PUTIH HITAM (+) LAMPU REM

KUNING PUTIH (+) ARUS BEBAN

BIRU KUNING (+) PULSER

HIJAU PUTIH (+) TOMBOL STARTER

MERAH (+) ACCU

OREN (+) KUNCU KONTAK

KUNING (+) LAMPU JAUH

PUTIH (+) LAMPU DEKAT

ABU-ABU (+) LAMPU BELAKANG

COKLAT (+) LAMPU SENJA

HIJAU MUDA (+) RETING KANAN

HITAM (+) RETING KIRI

HIJAU (-) KLAKSON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar